GORONTALO

Sejarah Gorontalo Kota Gorontalo (dalam bahasa Gorontalo disebut Kota Hulontalo) merupakan Ibu Kota Provinsi Gorontalo, Indonesia. Dalam catatan sejarah "Hikayat Gorontalo", Kota Gorontalo secara resmi terbentuk pada hari Kamis, 06 Syakban 1140 Hijriah (Kamis, 18 Maret 1728 M). Kota Gorontalo secara resmi ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Gorontalo pada tanggal 5 Desember tahun 2000. Kata Gorontalo pada dasarnya berasal dari kata Hulontalo dalam bahasa Gorontalo. Hulontalo itu sendiri berasal dari kata dasar Hulontalangi, sebuah nama salah satu Kerajaan di Gorontalo. Gorontalo merupakan sebuah Kotapraja yang secara resmi berdiri sejak tanggal 20 Mei 1960, yang kemudian berubah menjadi Kotamadya Gorontalo pada tahun 1965. Letak Geografis Wilayah Provinsi Gorontalo yang pada zaman kolonial Belanda dikenal dengan sebutan "Semenanjung Gorontalo" (Gorontalo Peninsula) terletak pada bagian utara Pulau Sulawesi.  Secara geografis, Kota Gorontalo terletak antara 00° 28’ 17” – 00° 35’ 56” LU dan 122° 59’ 44” – 123° 05’ 59” BT. Kota ini merupakan dataran rendah dengan ketinggian 0–500 m di atas permukaan laut. Ekonomi Pertumbuhan ekonomi tahun 2002 mencapai 6,59%, sementara Aktivitas perekonomian penduduk lebih banyak bergerak di bidang jasa. Pemerintahan Pemerintahan di daerah Gorontalo pada masa perkembangan kerajaankerajaan adalah bersifat monarki konstitusional, yang pada awal mula pembentukan kerajaan-kerajaan tersebut berakar pada kekuasaan rakyat yang menjelmakan diri dalam kekuasaan Linula,  Pendidikan Di Kota Gorontalo terdapat fasilitas pendidikan baik dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Disamping itu Pemerintah Kota Gorontalo mulai tahun 2008 menyediakan Bus Sekolah Gratis untuk para siswa mulai sekolah dasar sampai dengan SMU untuk mensukseskan program pemerintah ayo sekolah. Potensi Wisata : • Wisata Alam 1. Bukit Layang Gorontalo.
Obyek wisata di gorontalo yang pertama yaitu bukit layang yang berlokasi di Kelurahan Siendeng Kecamatan Hulonthalangi, Gorontalo. Objek wisata ini menyuguhkan wisata alam perbukitan yang begitu memanjakan mata. Dan dari bukit sini lah anda dapat menikmati pemandangan kota gorontalo dari atas bukit. 2. Pulau Diyonumo Gorontalo Ini adalah salah satu wisata alam gorontalo yang mempunyai keindahan alam yang luar biasa yaitu wisata alam pulau diyonumo yang berlokasi di Pulau Diyonumo,Gorontalo Utara. Wisata tersebut tepatnya beada di desa deme 2 kec sumalata. Pulau ini masih belum banyak terjamah dan masih di jamin ke asrian alamnya. 3. Wisata Pulau Cinta
wisata selanjutnya yaitu objek wisata pantai yang berlokasi di gorontalo. salah satunya adalah wisata pantai pulau cinta yang berlokasi di Pulau Cinta. Kab. Boalemo, Gorontalo. Tidak hanya menyuguhkan wisata pantai disini anda juga dapat menyewa penginapan yang romantis. Pulau ini sangat cocok di jadikan sebagai tempat honeymoon. • Wisata Budaya 1. Benteng Danau Limboto Otanaha Tempat Wisata Benteng Otanaha Gorontalo Tangga Menuju Objek Wisata Benteng Otanaha Benteng Danau Limboto Otanaha merupakan warisan bangunan bersejarah sebagai lokasi pariwisata kuno dari masa lalu yang berasal dari suku Gorontalo dibangun sekitar Tahun 1525 2. Bantayo Pobo'ide rumah adat kerajaan atau sering disebut Bantayo Poboide di Kabupaten Gorontalo. Rumah ini dibangun oleh Kolonel A.U MI Liputo selaku tauwa lo lahuwa dalam artian gelar kehormatan tertinggi kepada seorang pemimpin di Gorontalo. Bantayo Poboide di Limboto, Kabupaten Gorontalo. Jika dipoles maka bisa menarik minat warga untuk berwisata. • Wisata Buatan 1. Desa Wisata Religi Bongo seperti halnya bandung yang mempunyai banyak desa wisata dengan bangunan yang unik dan penuh seni, gorontalo juga ternyata mempunyai desa wisata yang tak kalah menariknya. Yaitu Desa wisata religi bongo yang berlokasi di Ds Bongo Kota Gorontalo. Tempat ini cocok sebagai wisata keluarga. ▪︎ SOMETHING TO DO IN GORONTALO Bukit layang menyuguhkan wisata alam perbukitan yang begitu memanjakan mata. Dari bukit tempat wisata Gorontalo ini, pengunjung dapat menikmati pemdangan kota gorontalo dari atas bukit. Bahkan pengunjung juga dapat berkemah di atas bukit untuk menikmati terbitnya matahari pada saat pagi harinya. ▪︎ SOMETHING TO SEE IN GORONTALO Bukit layang sangat pas untuk dijadikan sebagai spot tempat menikmati keindahan kota gorontalo di malam hari. ▪︎ SOMETHING TO BUY 1. Pia Putra Kusuma Toko oleh-oleh Gorontalo ini beralamat di Perumahan Balkin Permai Blok A No 1, Molosipat U, Kec. Sipatana, Kota Gorontalo. Di sini, Anda bisa membeli pia dengan tiga pilihan rasa, yaitu kacang hijau kupas, cokelat, dan keju. Soal kualitas tidak perlu diragukan lagi karena produsen oleh-oleh Gorontalo yang satu ini pernah meraih Penghargaan Gugus Kendali Mutu. 2. Kain Karawo Dalam bahasa Gorontalo, 'karawo' berarti sulaman tangan, sedangkan seni membuatnya disebut 'makarawo'. Ini merupakan kerajinan tangan yang diwariskan secara turun-temurun sejak zaman Kerajaan Gorontalo. Dengan membelinya sebagai oleh-oleh Gorontalo, artinya Anda turut melestarikan kearifan lokal yang bernilai tinggi.

Komentar

Postingan Populer